Sunday, October 30, 2011

Sudahkah Anda Menjadi Profesional Muda Paling Dicari?

Sudahkah Anda Menjadi Profesional Muda Paling Dicari?

Seorang karyawan yang rajin bekerja dengan kedudukan yang bagus sudah menganggap dirinya profesional. Memang u/ menjadi profesional bukanlah hal yang mudah.

Mampu bekerja keras
Bagaimana kita bisa dikatakan profesional jika kita tidak terbiasa bekerja keras? Seorang profesional senantiasa mampu bekerja keras u/ menyelesaikan pekerjaannya. Klau kita selalu ogah2an dan malas tentu kita bukanlah seorang profesional.

Bisa bekerjasama
Karena seberapapun hebatnya seorang profesional. ia tetap tidak bisa mengandalkan kekuatannya sendiri.

Menguasai pekerjaan
Kita layak dikatakan profesional bila menguasai dengan baik pekerjaan kita. Dan kita memang benar2 mengerti apa yang kita kerjakan.

Memiliki loyalitas
Dalam bekerja, seorang profesional harus memiliki loyalitas yang tinggi. Artinya kita akan bekerja secara total dan tidak setengah2. Dengan loyalitas, kita tidak akan meras terbebani dengan pekerjaan kita. Dengan loyalitas pula kita akan semakin mencintai pekerjaan kita.

Komitmen
Kita juga tidak bisa dikatakan profesional jika tidak memiliki komitmen terhadap pekerjaan. Semakin tinggi komitmen kita terhadap pekerjaan, maka semakin tinggi pula profesionalisme kita. Sehingga, seberapapun beratnya pekerjaan kita, kita akan menjalaninya dengan penuh suka cita.

Integritas yang tinggi
Seorang profesional tidak akan melakukan hal2 yang dapat menodai profesionalismenya. U/ itulah, seorang profesional harus memiliki integritas yang tinggi. Dengan integritas, kita akan tergoda u/ melakukan sesuatu yang dapat merusak moral & nama baik kita.

Motivasi yang tinggi
Dengan motivasi, akan membantu kita mencapai tujuan, harapan, asa dan cita2 kita. Ingat, seorang profesional mampu menjadi motivator bagi dirinya sendiri. Sehingga kita tidak akan ‘ down ‘ dan suntuk jika menghadapi situasi yang sulit. Makanya tidak jarang, seorang profesional juga bisa menjadi motivator bagi yang lain.

7 Strategi Menjadi Profesional
1. Kembangkan keahlian (Expert)
Kita perlu melalui proses pembelajaran dan pengembangan diri yang terus menerus. Kita harus menggali potensi dan kemampuan kita dan terus dikembangkan sampai kita menjadi ahli.

2. Mahir membangun hubungan (Relationship)
Kemampuan kita membangun hubungan (bersosialisasi) dengan orang lain sangat menentukan keberhasilan kita dalam kehidupan. Bila anda ingin menjadi seorang yang profesional dalam hidup ini, apapun tujuan dan bidang yang anda pilih, anda harus belajar membina hubungan yang baik dengan orang banyak dari berbagai kalangan.

3. Tingkatkan kemampuan berkomunikasi (Communicator)
Komunikasi yang baik harus bersifat dua arah. Seorang komunikator yang handal adalah seorang pendengar yang baik. Seorang yang profesional harus mampu mengkomunikasikan suatu hal dengan jelas dan tepat pada sasaran.

4. Hasilkan yang terbaik (Excellent)
Seorang profesional sejati akan selalu berusaha menghasilkan karya yang berkualitas tinggi dan kinerja yang maksimal. Untuk menjadi profesional kita harus terus mencoba memberikan dan mengerjakan lebih dari apa yang diharapkan. Waktu kita lakukan suatu kegiatan, project, kerjaan, tugas hasilkan yang terbaik. Lakukan yang terbaik hari ini untuk bayaran hari esok. Pikirkan selalu apa yang dapat saya lakukan untuk add value bukan apa yang saya bisa peroleh.

5. Berpenampilan menarik (Good Looking)
Karena orang akan menilai kita 10 detik pertama apakah mereka bisa menerima kita atau tidak.

6. Kehidupan yang seimbang (Balance of life)
Kita harus dapat berfungsi dengan benar sesuai dengan peran yang kita jalankan jangan sampai tercampur aduk.

7. Memiliki nilai moral yang tinggi (Strong Value)
Untuk menjadi seorang yang profesional sejati kita harus memiliki nilai moral yang tinggi. Hal ini yang akan membedakan setiap kinerja, usaha, karya dan kegiatan yang kita lakukan dengan orang lain. Sementara orang lain kompromi, menggunakan cara-cara yang tidak etis untuk mencapai tujuannya kita tetap berpegang pada prinsip yang benar.

No comments:

Post a Comment